Selasa, 26 April 2011

Mengenal & Memilih Aneka Produk Perawatan Wajah - Tips Merawat Kulit Wajah (2)

Seperti pernah dijelaskan dalam post sebelumnya, Bagaimana Merawat Kulit, penting sekali bagi kulit wajah kita untuk dirawat keindahannya. Oleh karena itu, berikut ini akan dijelaskan jenis-jenis produk perawatan wajah umum yang anda perlukan untuk melakukan perawatan harian.

1. Pembersih (Cleanser)
Pada dasarnya fungsi pembersih adalah untuk membersihkan wajah dari kotoran yang menempel di wajah kita. Namun, pembersih ini sendiri ada beberapa macam :
- Sabun
Cleanser yang termasuk kategori ini biasanya diberi nama antara lain Foaming Cleanser, Washing Gel, Face Wash, Face Cleanser. Penggunaan Cleanser jenis ini adalah dengan menggunakan air, yaitu dengan mencampur Cleanser dengan sedikit air dan kemudian dipijatkan pada wajah hingga busanya mengangkat kotoran pada wajah dan setelah selesai dibilas dengan air. Cleanser jenis ini cocok untuk digunakan pada jenis kulit kombinasi dan berminyak.
- Susu Pembersih
Cleanser jenis ini tidak digunakan bersama dengan air, melainkan dioleskan ke wajah dengan menggunakan kapas, sebelum kemudian dibersihkan dengan memakai toner. Cleanser ini biasa disebut dengan Cleansing Milk atau Milk Cleanser. Cleanser jenis ini cocok untuk digunakan pada jenis kulit kering dan normal.
- 2 in 1 Cleanser
Sesuai namanya, Cleanser ini menyatukan 2 tahap pembersihan ke dalam 1 produk, yaitu Cleanser itu sendiri dan Toner. Cleanser ini biasa digunakan oleh mereka yang sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk membersihkan wajah. Penggunaan cleanser ini dengan menggunakan kapas, kemudian wajah dibilas dengan air.
- 3 in 1 Cleanser (All in 1 Cleanser)
Agar lebih praktis lagi, terciptalah 3 in 1 (All in 1) Cleanser yang bukan hanya perpaduan cleanser dan toner, namun juga make up remover, dalam 1 produk. 3 in 1 cleanser lebih praktis lagi dibanding 2 in 1 Cleanser, yang tentu saja banyak pula digunakan oleh mereka yang sibuk dan cenderung tidak banyak waktu untuk membersihkan wajah. Cara pemakaian Cleanser ini sama dengan 2 in 1 Cleanser, yaitu diaplikasikan ke wajah dengan menggunakan kapas dan kemudian wajah dibilas dengan air hingga bersih.

2. Toner
Toner yang digunakan setelah Cleanser berfungsi untuk menutup pori-pori wajah yang terbuka pada saat dilakukan pembersihan. Pada dasarnya, semua toner sama fungsinya bagi semua jenis kulit, namun yang membedakan adalah bentuknya yaitu ada yang berupa gel (biasa disebut Toning Gel) dan air (sering disebut Toning Water). Toner ini biasanya tersedia satu paket dengan Cleanser (kecuali untuk Cleanser 2 in 1 atau 3 in 1 atau All in 1).

3. Face Cream / Fluid
Nutrisi kulit yang digunakan secara harian untuk memberikan asupan kelembapan yang dibutuhkan pada kulit wajah. Perbedaan Face Cream Cream dan Fluid ini adalah pada kandungannya. Face Cream memberikan kelembapan pada wajah dengan kandungan minyak yang dibutuhkan, sedangkan Fluid dengan kandungan air-nya yang tinggi. Oleh karena itu, Face Cream tepat untuk digunakan pada kulit kering dan normal yang membutuhkan minyak untuk meningkatkan dan menjaga kekenyalan pada kulit wajah, sedangkan Fluid digunakan untuk kulit kombinasi dan berminyak karena jenis kulit ini sudah cukup memproduksi minyak pada wajah dan harus diimbangi dengan kandungan air. Fluid digunakan hanya 1 kali yaitu pada pagi hari saja. Sedangkan Face Cream sebaiknya digunakan dua kali sehari, yaitu : pagi hari sebelum memulai aktivitas harian dan malam hari setelah selesai aktivitas dan siap untuk berisitirahat. Untuk Face Cream terkadang dibedakan lagi menjadi 2 produk :
- Day Cream
Sesuai namanya, Day Cream digunakan pada waktu pagi hari, sebelum melakukan aktivitas harian.
- Night Cream
Tak jauh berbeda dengan Day Cream, Night Cream digunakan pada malam hari setelah selesai beraktivitas dan menjelang tidur.

Nah, sudah jelas kan produk perawatan mana yang Anda butuhkan? Dan jangan lupa sesuaikan setiap produk yang akan Anda gunakan dengan jenis kulit Anda (lihat post Mengenal Jenis Kulit Wajah) agar perawatan yang dilakukan memberikan hasil maksimal. Oya, produk-produk tersebut digunakan sehari dua kali ya, pada waktu pagi dan malam hari, sebelum dan sesudah beraktivitas.

Selain perawatan harian di atas, ada juga perawatan mingguan yang perlu dilakukan lho. Tidak perlu repot menghabiskan waktu dan uang untuk ke salon setiap minggunya, karena perawatan mingguan ini dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Mau tahu bagaimana perawatan mingguannya? Simak terus ya... 

Let's go beauty!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar