Selasa, 19 April 2011

HATI-HATI MEMILIH PRODUK

Kita perlu ekstra hati-hati dalam memilih produk yang akan digunakan untuk merawat & mempercantik wajah. Jika salah, bukan hanya wajah cantik tidak didapat, malah dapat merusak tektur kulit wajah kita. Dan itu bukanlah hal main-main, sekali kulit wajah kita rusak, seumur hidup kita akan menyesalinya. Hal itulah yang terjadi pada dua orang teman saya, wajah putih mulusnya lenyap dan berganti menjadi wajah merah berjerawat hanya karena menjadi model demo produk make up. Dan sampai post ini ditulis beberapa tahun setelah kejadian demo make up itu, kondisi wajah teman saya itu walaupun sudah jauh membaik namun tidak dapat kembali mulus seperti semula.


Hari ini banyak sekali merk dan brand produk perawatan dan kecantikan yang beredar di pasaran, baik produksi lokal maupun impor dari negara-negara lain. Ditambah lagi dengan banyaknya produk aspal (asli tapi palsu) yang juga merajalela di pasaran. Belum lagi, muncul pula merk-merk baru tak dikenal yang dijajakan di pusat-pusat perbelanjaan dengan tampilan menarik dan harga sangat terjangkau, membuat kita mudah tergoda untuk merogoh kocek demi mendapatkan produk tersebut meskipun belum tahu kualitas produk yang ditawarkan tersebut.


Masih ingat kejadian beberapa tahun lalu, dimana sebagian produk kosmetik produksi negara China ditarik dari pasaran karena mengandung tingkat Merkuri di luar batas yang diperbolehkan? Itu salah satu contoh nyata dari keberadaan produk-produk tak terjamin nan berbahaya yang ada di pasaran, dan saya yakin masih banyak produk serupa yang lain yang masih beredar dengan bebas. Jadi, Anda harus ekstra hati-hati dan teliti dalam memilih produk yang tepat diantara sekian banyak produk yang beredar di pasaran.



gambar : yplkjatim.com

Bagaimana memilih produk perawatan dan kecantikan yang tepat, agar wajah Anda tidak menjadi korban salah konsumsi produk? Berikut penjelasan singkatnya (penjelasan lengkap akan dimuat dalam post-post berikut) :

1. Kenali jenis kulit Anda (Stay tune untuk post Mengenal Jenis Kulit)
Ini adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan, test jenis kulit. Karena jenis kulit Anda inilah yang menentukan produk-produk seperti apa yang akan Anda butuhkan untuk merawat wajah Anda.

2. Pahami produk apa saja yang Anda butuhkan (Simak post berikut mengenai Mengenali Aneka Produk Perawatan Wajah dan Mengenali Aneka Produk Kosmetik)
Setelah tahu jenis kulit Anda, mulailah tentukan produk apa saja yang Anda butuhkan. Anda butuh krim pelembab untuk kulit wajah Anda yang kering? Maka, jangan sampai yang Anda beli adalah krim pemutih wajah. Sebaiknya buatlah daftar produk yang Anda perlukan dan stick to it. Jangan biarkan rayuan manis dari para marketing berhasil membuat daftar Anda bertambah ataupun berubah.

3. Pelajari merk-merk yang ada dan recomended oleh orang-orang di sekitar Anda
Bagi Anda yang baru akan memilih produk perawatan dan kecantikan, ada baiknya Anda bertanya pada teman-teman di sekeliling Anda. Mengapa? Itu akan membantu Anda mengenali merk-merk yang ada, yang digunakan oleh teman-teman Anda dan hasil yang diberikan produk tersebut pada teman-teman Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui rekomendasi do and don't yang diberikan oleh teman-teman Anda yang mungkin lebih mengenal dan menguasai produk perawatan dan kecantikan.

4. Pilih produk perawatan yang sesuai kebutuhan Anda
Sebaiknya Anda memilih produk yang sudah dikenal dan kualitasnya tidak diragukan lagi. Karena resiko dari pemakaian produk tersebut akan lebih kecil dibandingkan jika Anda menggunakan produk baru ataupun tak dikenal. Dan dari produk-produk tersebut, yang dikenal maupun yang direkomendasikan oleh teman Anda di atas, pilih 1 produk yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.


Sederhana bukan? Namun hal ini sangat penting karena merupakan langkah awal untuk Anda memperoleh kulit wajah yang terawat dan cantik. Langkah berikutnya yang akan dibahas adalah mengenali jenis kulit dan mengenal aneka produk perawatan wajah dan kosmetik. Don't go anywhere yaa untuk tips berikut yaa...


Let's be beauty!





gambar : Oriflame


1 komentar: