Sabtu, 23 April 2011

Mengenal Jenis Kulit - Tips Merawat Kulit Wajah (1)

Apakah jenis kulit wajah kita merupakan hal pertama yang harus diketahui sebelum memilih atau menentukan produk perawatan dan kecantikan yang akan digunakan. Ya tentu saja supaya kita tidak salah langkah ataupun salah menggunakan produk, seperti yang telah dijelaskan di post Hati-hati Memilih Produk. Lalu, ada berapa macam sih sebenarnya jenis kulit wajah pada manusia (ya iyalah, masa' pada hewan? hehe...)?
 
Pada dasarnya kulit wajah ada 5 jenis, yaitu :
1. Normal
Pemilik kulit wajah jenis ini biasa akan merasakan lembut dan kenyal pada seluruh bagian wajah, dan produksi minyak pada wajah juga dalam taraf normal sehingga tidak akan membuat wajah kelihatan mengkilap dengan minyak.
2. Berminyak
Jenis kulit wajah ini dikenali dari banyaknya produksi minyak pada wajah sehingga wajah seringkali terlihat mengkilap. Ciri berikut dari kulit ini biasanya ditandai dengan pori-pori besar dan munculnya jerawat pada wajah dalam jumlah tidak sedikit akibat banyaknya minyak yang dihasilkan pada wajah.
3. Kering
Kulit kering sepintas terlihat seperti kulit normal, namun pada kulit wajah kering akan terasa kencang pada beberapa bagian wajah. Dan hal ini dikarenakan kulit tidak memproduksi minyak dengan cukup, sehingga kekenyalan pada kulit wajah sangat kurang dan kadang ada kulit yang mengelupas.
4. Kombinasi
Jenis kulit ini merupakan perpaduan dari kulit berminyak dan kering. Biasanya kulit kombinasi terlihat dari minyak yang banyak dihasilkan di daerah T (hidung dan dahi), sedangkan bagian wajah lainnya kering.
5. Sensitif
Kulit sensitif ini kebanyakan dimiliki oleh orang yang kulit wajahnya cukup berminyak karena bentuk kesensitifannya muncul dalam bentuk jerawat. Hal itulah yang menyebabkan kulit sensitif sering salah dikenali sebagai kulit berminyak. Namun yang membedakan kulit sensitif dari kulit berminyak adalah tingkat kesensitifannya bukan hanya dapat menimbulkan jerawat pada wajah, tapi juga dapat membuat wajah terlihat memerah seperti terbakar matahari. Dan Anda yang memiliki jenis kulit sensitif, harus benar-benar ekstra hati-hati dalam menentukan produk perawatan, karena produk yang bagus, mahal, atau recomended pun belum tentu cocok untuk digunakan pada wajah Anda.
 
Untuk kelima jenis kulit di atas, diperlukan cara perawatan yang berbeda pula dengan produk-produk yang tentu saja berbeda satu dengan yang lain. So, simak terus Tips Merawat Kulit Wajah ya. Post berikut adalah Mengenal Aneka Produk Perawatan Wajah supaya Anda tahu produk mana yang dibutuhkan oleh kulit Anda.
 
Let's go beauty!

gambar : www.cantikdansehat.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar