Minggu, 24 April 2011

BERAKIT-RAKIT KE HULU BERENANG-RENANG KE TEPIAN

Masih ingat peribahasa jaman sekolah, "Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian"? Tentu masih dong. Artinya pastinya juga ingat kan, bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.Ya, memang tidak ada hal yang instant, wong mie instant saja perlu diseduh atau dimasak dulu baru bisa dimakan kan? :P

Waktu aku renungin peribahasa ini, tiba-tiba aku ingat blog ini. Ya, blog ini. Kenapa? Karena blog ini aku buat karena aku ingin... nanti, di kemudian hari (setelah melewati masa-masa sakit), aku bisa menjadi wanita yang sukses. Dan tentu saja, sebagai seorang wanita sukses, tampilan harus cantik pula kan? Asal tidak lebay seperti MD, sang pembobol Citibank ;)

Lalu aku mulai berpikir, untuk mencapai segala sesuatu memang harus ada proses yang dilewati. Jangankan untuk menjadi orang sukses, sekolah saja harus ada proses bertahap. Kan nggak mungkin begitu lulus SD aku langsung kuliah. Hehe... Begitu pula dengan kesuksesan yang harus diraih selangkah demi selangkah. Seperti yang pernah aku tuliskan dalam status Facebook Komunitas Bisnis Online :  
Sebuah lompatan besar dimulai dari sebuah langkah kecil. Tanpa langkah kecil itu, tidak akan pernah ada lompatan besar. So, jangan pernah sepelekan setiap langkah kecil yang kita ambil, karena itu menentukan lompatan besar di masa depan kita. Begitu juga dalam berbisnis, jangan pernah menganggap remeh setiap tawaran bisnis yang datang, karena siapa tahu itulah batu loncatan kesuksesan kita. Be blessed!

Sebelum proses itu dimulai, jangan lupa tentukan target Anda. Ya, life should have direction kan? So, harus tentukan arah atau jalur kesuksesan mana yang Anda inginkan. Kesuksesan dalam berbisnis, kesuksesan mencapai jenjang karir di kantor, kesuksesan menjadi mahasiswa cumlaude, kesuksesan membahagiakan orang tua, dll? Sesudah Anda tentukan, barulah anda bisa memilih langkah-langkah selanjutnya yang harus diambil. Apa langkah selanjutnya? Anda yang jawab sendiri, karena kesuksesan Anda bukan rumusan dari orang lain, melainkan petualangan yang harus Anda jalani.

Trus apa yang diperlukan selama proses menuju kesuksesan itu sendiri? Faith, Hope, and Love. Iman, Harapan dan Kasih. Iman diperlukan untuk Anda berani mengambil langkah demi masa depan anda, walaupun Anda tidak tahu apa yang ada di depan Anda. Harapan diperlukan untuk Anda berani percaya bahwa tidak ada orang yang ditentukan untuk tidak berhasil, karena keberhasilan Anda ditentukan oleh Anda sendiri dan Anda berhak menjadi berhasil. Kasih diperlukan untuk menerima setiap proses yang ada dengan ucapan syukur dan tentu saja berlapang dada terhadap setiap oknum yang terlibat dalam proses tersebut.

Mungkin sekarang Anda masih berada dalam proses berakit-rakit ke hulu, masih merasakan sakitnya proses menata masa depan yang penuh harapan. Me too. Memang perlu waktu untuk menjalani semua proses yang ada sebelum akhirnya bisa melemparkan jangkar dan berlabuh di pelabuhan yang bernama Kesuksesan. Tapi jangan menyerah pada apapun juga sebelum kita mencoba semua yang kita bisa (dikutip dari lagu Ku Tak Akan Menyerah oleh Lea Simanjuntak), namun di saat yang sama jangan lupa berdoa dan serahkan semua rencana kita pada Sang Pencipta, karena Dia yang berdaulat untuk menentukan masa depan.

Dan sebagai penutup, aku mau kutip sedikit motto dari blog-ku yang lain, Faith 4 Future (tentunya Anda tahu kan kenapa aku memberi nama ini pada blog-ku? ;)). Dan kalau perlu, deklarasikan motto ini : A bright future is waiting for me! And let's bring the future right here right now!


 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar