Sabtu, 16 April 2011

LOOK GOOD AND BE GOOD

Hari ini aku belajar sesuatu. Lagi.

Bangun pagi aku bingung. 'Bawa baju ganti nggak ya? Jadi ketemuan nggak ya? Ah, nggak dikabarin, berarti nggak jadi. Begitu perdebatan dalam hatiku. Akhirnya aku berangkat ke kantor dengan ala kadar alias asal, as usual.

Ternyata, siang hari aku dapat kabar. Malam ini jadi meeting! OMG! Aku tidak bawa baju ganti! Seragam kantor yang kupakai pun rasanya sudah tidak berwarna putih kinclong. Celana jeans-ku belel banget. Sandalku jepit pit pit. Semua alat make up ketinggalan di tas yang satu lagi. Dan meetingnya di mall yang cukup elite. Kontras!

Dengan kebingungan aku mencari 'kostum' yang pas untuk meeting, yang sudah pasti tidak kudapatkan. Aku hanya memaksimalkan apa yang ada padaku. Satu-satunya yang bisa kudapatkan lebih baik hanyalah sandal jepitku bisa kuganti dengan sepatu sandal yang lebih bagus, walaupun agak nggak matching dan cukup menyiksa kaki. Dan aku berangkat ke mall dengan baju seadanya, seragam kantor dilapis jaket, sepatu sandal dan tanpa setitik bedak pun di wajahku.

Ternyata... Tampil baik itu penting. Terbukti dengan sepanjang aku melihat-lihat sepatu di Departemen Store di mall itu, para SPG memandangku dengan tatapan tidak yakin aku akan membeli. Yah, seorang wanita berumur seperempat abad dengan tas selempang ala anak kuliah dan jaket loreng-loreng army, mencari sepatu high heels. Memang tidak meyakinkan bukan? Tapi, aku memang butuh dan sedang mencari sepatu untuk kegiatanku sehari-hari.

Setelah kupikir-pikir. Pantas saja. Jika saja aku tampil lebih baik. Dengan baju yang lebih rapi, tas yang lebih cocok untuk wanita seumurku, sedikit make up mungkin, yang penting tampil baik, mungkin keadaan akan berbeda.

Hari ini aku memang tidak siap. Tidak siap tampil baik. Dan aku memang sering tidak siap tampil baik. Cuek saja lah, begitu pikirku selama ini. Tapi, ternyata tampil baik itu penting. Penampilan yang baik membuat kita lebih dihargai. Tidak perlu glamor, cukup rapi dan bersih, tidak lupa tepat tempat.

Kesan pertama begitu menggoda, begitu kata sebuah iklan. Ya, kesan pertama memang penting. Siapa yang tahu kalau hari ini aku bertemu dengan seorang penting yang sudah lama tidak bertemu? Dan dengan penampilanku yang cukup 'kumal', hahaha... Bisa kumengerti kekagetan di wajah beliau tadi. Aku kembali menyesal, andai aku tampil baik hari ini. Yah, sekali lagi, tampil baik itu penting.

Tapi... Di perjalanan pulang aku mendengarkan mp3 dari handphone. Ada sebuah lagu yang diselingi doa, salah satu kalimat doanya berbunyi "I don't want to look good, but i want to be good". Wow! Sebuah pemikiran yang mengagumkan. Bukan tampil baik, tetapi menjadi baik. Kembali aku berpikir. Benar juga, apa gunanya tampil baik jika kita tidak 'menjadi' orang  baik? Penampilan baik memang penting, tapi itu bukan yang utama. Perbuatan, tingkah laku, dan karakter yang baik jauh lebih penting. (Bukan berarti penampilan tidak penting lho)

Akhirnya aku mengambil kesimpulan. Penampilan baik diperlukan setiap saat, karena aku tidak hidup di goa yang penuh kelelawar yang sudah pasti tidak kenal dengan fashion, tapi aku ada di lingkungan manusia yang melakukan penilaian pertama terhadap penampilan.  Kalau bisa berpenampilan baik, why not? Tapi, penampilan baik tanpa perbuatan yang baik, sia-sia. Ya, kesan pertama yang baik bukan hanya dinilai dari penampilan, tapi dari perbuatan yang timbul dari karakter.

Remember inner beauty dan outer beauty? Seperti itulah kira-kira. Layaknya kedua sisi mata uang, penampilan dan perbuatan yang berdiri berdampingan.

Just my thoughts, di tengah malam menjelang dinihari. Harap maklum jika alurnya kacau. Setengah pikiranku ingin tidur, setengah lagi ingin curcol. Yah, sedikit curcol sebelum tidur lah. ^o^

Post di atas diambil dari note Facebook-ku beberapa waktu lalu. Kalau ingat ini, jadi malu sendiri. Tapi ya, sudah berlalu, jadi tinggal mengambil pelajaran saja lah dari kejadian ini. Oya, post ini sedikit menjelaskan bahwa aku, pemilik blog dengan tema utama Cantik + Sukses sendiri bukanlah seorang modis dengan dandanan menarik, jadi tips-tips di dalam blog ini juga jadi bahan bagiku sendiri. Hehe... But still, penampilan cantik memang penting kan. Sekali lagi, tidak harus glamor, yang penting enak dilihat (lihat Tips Make Up Dasar). Dan tetap memancarkan siapa kita sebenarnya.

Let's be beauty!


 gambar : indowebster


Tidak ada komentar:

Posting Komentar